Selasa, 07 Desember 2010

semuanya butuh proses

Beberapa minggu yang lalu, gw kontek guru les 3ds MAX gw, gw mau lanjut tutorial lagi. Toh sekarang matakuliah gw udah beres. Tinggal tunggu keputusan tentang skripsi dan tugas akhir dari dosen gw *yang semoga aja bisa lolos!!!dan harus lolos deh ah!!*.

Waktu itu, gw tiba-tiba teringat perbincangan sama guru gw (XC) itu,
XC : gw gag enak sama lo, udah ngajarin sampe sekarang, tapi kayaknya masih blom begitu menguasai.
W : hah? haha. santai aja. mngkin emank gw jarang latian juga. jadi blom begitu mahir aja. :)

Dan dengan sangat tiba-tiba pula, gw mengeluarkan sebuah statement, bahwa, "setiap hal memang harus melalui proses pelatihan yang tidak singkat. semakin sering menghadapi proses latihan tersebut, maka kita akan semakin mahir pula menghadapi hal tersebut. apapun itu."


Piano

(picture source: here)

Gw belajar piano kayaknya dari gw umur 4 tahun. Dan nampaknya, even nyokap udah sering banget nge"bell" hampir tiap hari dengan kata-kata, "udah latian piano blom hari ini??" Tapi gw tetep aja males. Entah gw memilih hal lain apa yang lebih mengasyikkan dibanding dengan latihan piano. Entah kenapa gw ngerasa itu adalah sebuah tekanan tersendiri buat gw.
Gw sering minta berhenti dari les piano. Kadang-kadang yang gw maenin lagunya cuma lagu-lagu yang gw suka ajah. HAHA. *ups*

Tapi sekarang, gw berharap gw bisa narik kembali semua yang pernah gw lakukan itu.

Gw berharap gw latian dengan bener. Mungkin gw akan menemukan, seorang WENNIE di tahun ini, yang ahli bermain piano disamping keahliannya yang lain.

Gw berharap gw gag membuang waktu dan tenaga orang tua gw yang sengaja memberikan gw kesempatan untuk belajar satu keahlian yang sebenarnya akan sangat berguna buat gw di kemudian hari.

Gw berharap gw mengerti lebih awal tentang ucapan nyokap yang selalu bilang kalo gw menyia-nyiakan kesempatan yang ada, banyak anak yang pengen belajar piano tapi gag punya kesempatan untuk mempelajarinya. Sama seperti yang pernah roommate gw bilang ke gw, bahwa dia pengen banget belajar piano, tapi nyokapnya gag pernah kasih karna belajar piano itu mahal. Gw bener-bener berharap, gw mendengarkan hal ini lebih awal. Jauh..jauh lebih awal.



Tapi ternyata, gw baru menyadari ini beberapa minggu yang lalu. Bahkan gw tersadar karna teringat ucapan gw sendiri ke guru gw.
Gw tiba-tiba tersadar, bahwa gw kurang banyak latihan dalam banyak hal *dan juga gw cepet bosen kalo berada dalam satu rutinitas aja*.
Ketika itu gw tersadar, gw harus banyak latihan program2 untuk desain yang berhubungan dengan kerjaan gw nantinya. Kalo bisa, sekalian latihan hal-hal yang udah terlewatkan oleh gue, piano contohnya.
Gw berpikir, coba aja kalo gw menyadari hal ini dari jaman gw SMP. Mungkin belum terlambat dan gw akan memperbaiki semuanya, dan gw percaya gw akan menjadi orang yang jauh lebih baik dari gw yang sekarang.

Semoga, siapapun yang membaca blog ini, akan tersadarkan oleh pengalaman gw. Mempelajari sesuatu lebih banyak sama sekali bukan hal yang sia-sia. Mempelajari sesuatu dengan semangat tinggi untuk benar-benar mengerti dan mendalami hal tersebut dan bukan hanya ingin mengetahui secara dangkal, adalah sesuatu yang pada akhirnya akan membuahkan hal yang baik. Believe it or not. :)
Percaya deh, semua hal, apapun itu, memang butuh proses. Ada yang prosesnya cepet, ada yang prosesnya lama. Tapi dari hal yang disebut dengan "proses" itu lah, kita belajar banyak untuk menguasai apa yang kita pelajari dan ingin kita dalami.

Good luck!
*for you, and me of course! :)


-wenz-
07.12.2010

1 komentar:

Cindy mengatakan...

nice pic..^^ Like it!!
huaaaa...jd pngen k HongKong jg deh. >.<