Kamis, 06 November 2008

betapa mahalnya sebuah KEBAHAGIAAN

Gw sekarang jadi sering maen Facebook nihh.. Disini, gw maen satu aplikasi, yang namanya "Make A Baby", jadii gw tuh punya 2 baby, yang satu cewek, yang satu cowok.. dan qt tuh ngerawat bayi ini, suRuh tidur lah,,hug,,play,,gitu2...dan ada jg yang give items..

Di bagian give items, itu kita perlu memenuhi 3 aspek, yaitu HEALTH, HUNGRY, HAPPINESS. Semakin tinggi nilai ketiga aspek ini, smakin besar pula Baby Bucks (duit yg buat beli2 makanan, dll di aplikasi ini) yang bakal kita dapetin.

Items yang dijual macem-macem, dan dibagi berdasarkan HEALTH, HUNGRY, and HAPPINESS tadi...
untuk bagian HEALTH, ada baby soap, mouthwash, toothbrush, aspirin, bandage, sunscreen, lotion, shampoo, tummy medicine, macem2 lahh....yang berbau kesehatan.
untuk bagian HUNGRY--makanan n minuman donk pastinya--, ada pizza, oatmeal, tuna sandwich, kiwi, ice cream, mac n cheese, soup, celery, bologna sandwich, plum, eggs, chips and salsa, banyakkk dhee!!
untuk bagian HAPPINESS, ada tee ball, recorder lesson, gym class, toy shopping, see saw, sand box, tricycle, cooking project, movie ticket, karate, soccer, ticket to hawai, banyakk abiss...yang pasti, berhubungan dengan FUN!
dari yang murah ampe yang mahal juga ada..

Setelah sekian lama gw perhatiin, items dibagian HAPPINESS itu rata-rata harganya 10 bucks keatas dan lagi setelah dikasih ke si baby, nilai HAPPINESS itu nambahnya paling susah.. HAPPINESS jg ngefek sama items makanan atopun obat2an yang kita kasih. kl si baby gag suka ama makanan or obat2an yang kita kasih, bisa aja nilai HAPPINESS itu ikutan berkurang..

Hmm...gw udah merhatiin ini dari awal, tapi ternyata asik juga untuk dijadiin bahan blog.
Dari games ini, ada sebuah pernyataan kecil yang gw tarik, ternyata kebahagiaan itu adalah sesuatu yang MAHAL dan memank membutuhkan pengorbanan yang tidak kecil untuk mendapatkannya. (buktinya aja gw mesti menghabiskan byk baby bucks untuk membahagiakan babies gw...^^)

Kemudian, gw pun menghubungkan ini dengan kehidupan yang kita jalani. Ya..yang KITA jalani. Gw mulai aja dari hidup gw sendiri, gag perlu ngintip-ngintip hidup orang lain lah ya..hehe..

Gw pribadi, setuju dengan statement yang gw keluarkan itu. Perasaan bete, sakit ati, marah, ato apapun lah, mungkin itu smua adalah perasaan-perasaan yang cenderung lebih di perhatikan oleh orang-orang. Iya toh? Dan tidak jarang, rasa senang itu didapat dari proses merasa sakit dan lain-lain.

Untuk mencapai kebahagiaan, memank butuh pengorbanan banyak. Pengorbanan ego salah satunya. Kita terbiasa untuk memaksakan kehendak kita dan tidak mempertimbangkan situasi dan kondisi yang berkelangsungan, termasuk juga resiko dari segala tindakan kita.

Bagi seorang gue, kebahagiaan itu memank butuh pengorbanan cukup tinggi tapi, sebenernya kebahagiaan itu simple. Kenapa? Ketika seseorang merasa puas dengan apa yang dia dapatkan dalam hidupnya, ketika seseorang dapat mensyukuri dan menghargai hal-hal kecil yang bisa dia peroleh dalam hidupnya.., disanalah kebahagiaan dapat tercipta.

--Gue menikmati makanan yang bisa gw santap setiap harinya. Gue gag perlu makan di restoran mewah ataupun di hotel bintang 5, asal gw bisa makan, itu udah kebahagiaan tersendiri. Masih byk kok orang-orang melarat yang mungkin harus bertahan hidup tanpa makanan di hari ini, namun mereka bertahan dan mencari kebahagiaan dari aspek lainnya.
--Gue menikmati kesempatan bernafas yang masih diberikan pada gw. Mensyukuri keadaan paru-paru gue yg masih baik, sehingga gw bisa tetep bernafas dengan baik. Banyak orang-orang yang terserang kanker paru-paru ataupun gangguan pernafasan lainnya. Tapi gw bahagia, karna gw tidak perlu menghadapi penyakit-penyakit itu. Bukan berarti gw bersenang-senang dalam kesulitan orang lain, tapi gue mensyukuri apa yang masih bisa gw dapetin.

2 contoh ini, contoh kecil saja. Dari 2 hal kecil ini aja, gw bisa merasa bahagia. Merasa puas dengan apa yang bisa gw dapetin. Apa yang gw dapetin, sebenernya lebih dari cukup. Dan gw gag berhak lagi untuk menuntut. (sayangnya, pemikiran ini jadi membuat gw terbawa pada sikap calm abis...umm.., bisa hampir tanpa ekspresi,..susah jelasinnya..!!hehee...).

Tapi disini, gue juga perlu mengorbankan ego gue. Ego untuk menuntut lebih banyak, ego untuk menginginkan mendapat hal yang lebih! Tidak semua orang dapat me-manage pikirannya untuk melakukan hal ini. Tapi, latihlah!^^

Kebahagiaan. Definisinya bagi setiap orang mungkin berbeda-beda.

Buat seorang cowok yang lagi ngegebet cewek, kebahagiaan buat dia adalah ketika dy bisa pacaran sama tuh cewek. Buat seorang siswa, kebahagiaan buat dia adalah ketika nilai ulangannya bagus, dapet rangking di kelas, dan gag perlu buat tugas! Buat orang tua, kebahagiaan mereka adalah ketika anaknya dapat bersikap patuh dan dapat menjadi pribadi yang sukses.

Ya..pasti berbeda-beda. Masalahnya hanya ada pada sudut pandang masing-masing orang yang ingin mencapai kebahagiaan itu sendiri.

Saya akui, pengorbanan untuk mencapai kebahagiaan itu memang sering kali sangat amat berat. Misal, seorang siswa pngen nilai ulangannya bagus; mereka harus belajar dulu kan? Mana ada sihh yang bilang, belajar itu enak? hehehe.... Misalnya lagi, si cowok yang lagi ngegebet cewek; mungkin dy harus ngorbanin banyak pulsa untuk telpon2 or sms si gebetan, ato beli2 bunga or the other presents untuk dikasih ke si gebetan, ato harus kena ujan deres tanpa bawa payung cuma untuk ketemu ama si gebetan? haha...

Ini hanya contoh2 mudah. Coba deh refleksikan ke diri sendiri..^^,

Memang mahal pengorbanan yang perlu dikeluarkan untuk mencapai kata BAHAGIA, namun ketika kita dapat bersyukur pada hal-hal kecil, akan lebih mudah bagi kita untuk merasakan hal itu..

So, coba lah untuk nikmatin setiap detik dalam hidup ini. Semuanya INDAH kok. Dan seru untuk dipelajari..^^, dan akhir kata, mari berkorban dan berjuang demi kebahagiaan kita sendiri! (-berkorban yang positif donk yaaa...^^)



cheers,


-wEnZ-

5 komentar:

Unknown mengatakan...

betul,,,,,

kebahagiaan memang mahal, mahal sekali, saking mahalnya uang aja ga bisa beli itu... dan lagi pengorbanan untuk mencapai kebahagiaan ga pernah gampang. Dan ini juga membuatnya jadi begitu mahal. Dan yang paling gila menurut gw, kebahagiaan itu sulit dicari...

Satu hal, gw suka belajar kok.... Jadi ga semua orang ga suka belajar.

Hehehehehe

Anonim mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh administrator blog.
Anonim mengatakan...

sebenernya kebahagiaan itu simple bener bgt wen
cuma kitanya yang ga simpel. why God created us with such a big brain.. mungkin kalo otak kita sekecil semut, bisa makan tiap hari aja bisa menciptakan perdamaian dunia.:D ga sesimpel itu yah? haha andrew.i

Anonim mengatakan...

hoho wen.. bnr bgd da kbahagiaan itw mahal harganya,,dan bth pengorbanan bwt ngedapetinnya.. tp ketika qt blm mdpt kebahagiaan itw,berarti emg blm saatnya.. tp pasti akan ada saat yg lebih tpat ketika qt ngerasain kebahagiaan it.. y dgn kata lain,,kbahagiaan itw pasti akan qt dpt dan akan indah pada saat waktunya.. hehee

_ichaRyza_

WENNIE mengatakan...

@nDru..
haha..miMPinya ketinggian akh!haha



@icha
sebenernya kebahagiaan itu kan adanya jg karna adanya kesulitan,,cha?haha...kl misalnya gag ada susahh,,manusia jg gag tau deskripsi bahagia..
jadi, menurut gw, kl lo bilang,,suatu hari nanti lo bakal dapetin kebahagiaan, tepatnya kapan ya?hEHe...
knp gag selalu mulai untuk menciptakan sendiri 'kbahagiaan' itu??^^

cheers,