Senin, 10 November 2008

Actions Speak Louder Than Words

Gue rasa, pernyataan yang gw pakai untuk judul tulisan gw kali ini, sudah sangat familiar di masyarakat. Dan memang, perbuatan itu menunjukkan lebih banyak daripada sekedar kata-kata.

Cerita gw kali ini, diawali oleh sebuah pertengkaran dengan teman sekelompok gw.
Hmm,, jadi awalnya begini. Gw dibuat gondok sama dua partner gw itu. Mengapa? Karna, dalam proses pembuatan tugas, gw merasa lebih banyak gw yang buat daripada mereka. Lebih banyak gw yang berpikir daripada mereka. Dan mereka bener-bener nggak bisa diajak kerjasama.

Okelah, awalnya gw pikir, biarin aja gw ngerjain lebih banyak, gw juga jadi dapet ilmu lebih banyak.!

Tapi, belakangan, gw udah bener-bener panas. Banyak pernyataan-pernyataan mereka yang bikin gw gondok.

Salah satunya,
partner : wen, lo ngerti gag si ketua kelompok ngomongin apaan? (yg dimaksud tuh ketua kelompok maket, beda lagi ama tugas2 kelompok gw..dan kita lagi membuat maket kontur..)
saia : ngerti kok,,ngerti... (dari gambar yang dikasih liad ama si ketua aja, gw udah ngerti cara buatnya..gw kira si partner mo nge-translate ke gw lagi kl gw gag ngerti kata-kata si ketua kelompok!
partner : ohh,, lo ngerti? ya udah, lo yang bikin!!
saia : .........???!!!!! gimana kl gw tendang lo sampe indo??

Keki saya...dan mereka itu kebanyakkan bicara, sehingga waktu yang mestinya bisa diminimalisirkan dalam pembuatan tugas, jadi berkurang karna obrolan-obrolan gag penting dari mereka.

Sampai pada suatu malam, lagi bikin maket nih. Jam 10 malam mereka balik ke asrama untuk mandi, dan gw diminta untuk menunggu di kelas dan mereka janji untuk balik as soon as possible.

Jam 11 kurang, gw mendapat telepon dari si partner.
"wen, gw perlu kesana lagi gag?"
dengan kondisi emosi yang lagi melambung cukup tinggi, gw cuma bilang, "tunggu"
dan gw oper tuh hp gw ke ketua kelompok.

Ketua kelompok sih bilang mereka gag usah dateng lagi. (nyeeetttt,,,trs gw disini nunggu buat apaan????mending gw pulang dari kapan tau!! dan lagi, pertanyaan dy itu kyknya omong kosong bgt...kl misalnya lo punya rasa tanggung jawab terhadap tugas, ya dateng lah. selesaikan!)
then, gw matiin telponnya begitu dibalikkin ama si ketua.

eh,,hp berdering lagi,
partner : "wen, kamera n dompet gw masih di tas lo.."
saia : "oh."
partner : "besok bawain ya."
saia : "oh. ok.."
langsung gw matiin telpon. emank gw keki! jadi gw gag bilang 'bye' or something.

besoknya, si partner marah2..gag jelas karena apa. okeh, si partner ini bernama Tiffany (nah, dia ini yang gw ceritain di posting gw yang "Ketinggalan Bus!!=.=". yang dengan gag sengaja ketemu gw di dalem bus bersama mantannya). partner gw yg satu lagi tuh Regina. Si Tiffany ini tiba-tiba ngambek, intinya gag ngomong sama gw lah.
Selesai presentasi, dy bilang, "gw mau bawa balik model gw, kan gw mau gambar. terus perlu gambar site plan juga, gampang lah... gag susah kok bikin ginian. trs gambar sketch 3d nya juga..ya bikin sendiri-sendiri lah.."

Waktu dy bilang kayak gitu, gw pngen ketawa rasanya.. dy menyebut kata 'gampang' seolah tugas ini memang benar-benar gampang! tanpa bermaksud sombong, gw sih sanggup nyeleseinnya. tapi dia?? Analisa bangunan dengan lingkungan aja masih nyontekkin punya gw dan didiktein ama si Regina. Apalagi gambar begini??

Pas di telpon ama Regina, dy bilang begini, "Laen kali gw gag mo sekelompok ama lo berdua lagi. Dan mulai skarang, smuanya bikin sendiri-sendiri aja. Kerjain sendiri-sendiri. Trs, tolong balikkin duit gw ke si wennie. Gw gag mau ngutang2 sama dy lagi."

Hahaha... Disatu sisi, gw patut bersyukur. Akhirnya tuh orang gag mo sekelompok ama gw lagi.. Gag perlu gw yang ngomong, tapi dy udah ngomong sendiri! haha.. wong tuh anak cuma bisa dandan dan ngebacot kok! disuruh presentasi aje diem! padahal, mandarin sp sih yg lebih bagus??? Jelas-jelas dy orang asli China. Masa mo ngarepin orang Indo buat ngejelasin lebih banyak??

Dan, gw bener-bener pngen tau, apa dia beneran bakal ngegambar semua itu SENDIRI?


Minggu ini dia mulai ikut kelas lagi. Mengenai amarahnya, gw sih gag peduli. Gw sih untuk ngomong gitu-gitu, gw biasa aja. Ada perlu ya gw ngomong. Mau dy nanggepin ato nggak, bukan urusan gw lah. Hehe..

Dan apa yang gw liad minggu ini? Gambar site plan yang dia katakan GAMPANG, gambar sketch 3d yang juga dy bilang GAMPANG, dan tugas-tugas laen yang berkaitan dengan project ini, kagak ada yang dia sentuh! Gw gag liad tuhh kegampangan yang dia teriakkan kemaren-kemaren.! Gw sih tinggal ketawa aja kalo dy malah ngejiplak site plan yang gw buat dan gw kasih ke si Regina buat ditebelin pake rotring. (malah si Regina, gw suruh gambar pohon-pohonnya, udah sminggu nih, yang dy gambar baru lingkaran-lingkarannya... Mo gila gag??? Itu lingkaran gw gambar sejem juga seleseee!!! Dan semuanya masih dalam pensil. Kagak ditebelin. Capee dehhh....)

Ya itu dia.. Mungkin statement yang dikeluarin sama si Tiffany waktu itu, dikeluarkan secara dadakan karna kekesalan. Dan gw gag peduli seberapa keras dy berteriak bahwa tugas-tugas ini adalah mudah, tapi kenyataan yang terlihat dari tindakkan dia adalah, tugas ini tidak mudah! dan satu lagi, tindakkan dy yg begini, bisa membuat banyak orang menilai ketidak-konsistenan dia dalam mengerjakan sesuatu, dan kemalasan dia juga pastinya.

Pastinya banyak contoh-contoh kayak gini juga di luar sana. Tapi memank benar, mana ada sih orang yang percaya kalo gw bilang, "gw itu arsitek" jika keseharian gue yang dilihat orang-orang adalah bermain piano??? ato terima cucian baju para tetangga??

Mana ada orang yang percaya kalo gw bilang, "gw itu dermawan" sedangkan, jika gw minjemin temen gw yang lagi kere 10rebu perak, langsung gw minta balik esok harinya?

Dan saya belajar. Belajar untuk mencari SIAPA saya kemudian menunjukkan SIAPA saya, dan bukannya menceritakan SIAPA saya. Karena, orang-orang lebih mengingat perbuatan, daripada sekedar kata-kata.

any comment?^^


cheers,


-wEnZ-

6 komentar:

Anonim mengatakan...

ya olohhh wen... sabar2 yaa!! gw setujuu nichh.. wkwkwkw.. mudah2an loe kag gitu jugaa dech.. heuheuheue......




-binun ngasi komen mesti gmanaa-

Unknown mengatakan...

waaahhhh,, you now had that comment request for your blog.

kalo gw pikir, in my opinion, this is just my thought, lu terlalu emosi aj. kalau emank lu bisa bekerja keras di antara kelompok lu,, nanti lama2 anggota kelompok lu bisa tergugah melihat keseriusan dan kerja keras lu. (buset dah kata2 gw)

batu, sekeras apapun pasti bisa bolong juga kalo ditetesin air terus2an. Begitu juga manusia, punya perasaan. Pasti bisa lunak juga hatinya. Mank kalo lu ga mau terus terang ya begitu lah jadinya. And one more thing, people cannot live their life well if they do not have good communication. The key is just communication!!!

Keep in good work!!! Hold your emotion

WENNIE mengatakan...

@ayu
pasti,,yu..hehehe...doainn....hoho...^^
tengkyu anyway buat koMennyaa..hEhe..

@hendRuw
haha...kali ini mungkin butuh komen dari orang2...
hmm,,,gue udah berkali2 sekelompok sama mereka, tapi mereka tetep gag tergugah aja tuh..^^.

dan masalah komunikasi, untuk menghadapi tiap orang itu kan cara komunikasinya kan berbeda-beda..kalo mereka orang indo, gw pasti denGan santainya nEguR. BUT,,lo tau sendiri gw disini pake bahasa apaan...? Sangat berbeda lohh...ini bukAn mAsalah gw gag mo komunikAsi, taPi masalah ada pada bahasa..haha...

cheers,^^

Unknown mengatakan...

@ Wennie lagi

Yah,,, mungkin batu itu ga dalam setahun bisa bolong, mungkin dua, atau tiga atau bahkan 10 tahun. Yang penting bisa bersabar dan belajar. Mungkin kayanya gw kelihatan gampang banget ngomong gini, tapi ya gw juga ngalamin yah... Kalo mau sabar, kepala bisa dingin, hati tenang, dompet pun tak terkuras lohhhhhhh........

yah yang pasti keep trying!!!
Ayo pecahkan karangnya
Lampaui ombaknya
prove that you're someone!!!
That's what you said,,,

Anonim mengatakan...

akhirnyaa..
lo tuangkan jg wen dalam tulisan ni emosi. huehue..
eh, jangan ditendang ke Indo, ngak butuh kita orang kyk gtu. haha.. ^^
besok'' ganti klompok lha bu, jangan sampe u dirugikan mlulu.. kasian liat lo cape jiwa n raga gtu. ^^

WENNIE mengatakan...

@hendruw..

haha...iyaa..gag ambil pusink lah gw kapan mrk bakal tergugah..kuliah gw cuma 4 taon,,kl emank mrk refleknya baru 10taon kemudian sih gag lucu juga..haha...

jD,,gw gag mo muSingin hAl2 gag pnting itu lah...sulit untuk menunjukkan diri gw sndiri disini..doAkan mandarin gw cpet lancar aj dahh..haha...



@eDith.

emAnk nih,,diTh...doAin aj gw bisa dapet temen yG better dari mrk...haha...project ini kyknya the last project bersama mereka..good bye project kah nAmanyA??^^.